Rabu, 17 Desember 2014

Mau Sehat? Yuuuk... Donor Darah!

Kemarin saya dua kali ke BCA. Pagi hari setelah antar anak-anak sekolah dan siang hari.
Biasa... transfer. Menyampaikan amanah sahabat-sahabat yang ditipkan pada saya. Rekening saya cuma untuk numpang lewat.

Hari itu karyawan dan karyawati BCA memakai atasan berwarna merah cabai. Tidak sadar, saya pun memakai kaus berwarna sama. Merah, warna penuh semangat. 

Melirik ke sebelah kiri seperti ada pemeriksaan kesehatan gratis. Rupanya hari itu ada beberapa petugas dari PMI Nganjuk.

Setelah urusan selesai, ternyata hujan turun dengan lebatnya. Tak mungkin menembus hujan deras hanya dengan jas hujan. Saya duduk di sofa sambil mengobrol dengan karyawan yang saya kenal. Dia baru saja donor darah.

Saya melempar senyum pada ibu-ibu petugas PMI. Kebetulan saya mengenalnya, karena 1,5 tahun saya rutin berkunjung ke sana. Lima-enam tahun lalu bertemu petugas-petugas PMI itu di baksos kegiatan pengajian yang saya ikuti.

"Bu, boleh saya ikut periksa tensi saja dan timbang badan?" tanya saya pada petugas PMI yang sudah dikenal.

Dua ibu petugas mendekati saya.

"Sudah lama ya, enggak donor?" tanya beliau.

"Iya, Bu. Beberapa kali saya mau donor tidak bisa. Karena tensi saya sedang drop. Mudah-mudahan sekarang bisa," saya berharap.

"Sekarang bisa kalau mau donor. Tensi bawahnya bagus." 

Petugas itu menyebutkan 110 untuk ukuran tensi di atas. Kayaknya 110/80.

Alhamdulillah. Akhirnya bisa donor lagi setelah dua tahun.
Saya merasa sangat sehat kemarin. Berharap tiga bulan kemudian bisa berbagi lagi.
Karena sedekah harta belum tentu saya selalu ada dalam kelonggaran.

Yuk, bagi yang belum donor darah. Cek golongan darah Anda! Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan tekanan darah normal. Bagi wanita sedang tidak dalam keadaan anemia (kurang darah), hamil atau berhalangan.

Setetes darah Anda, menyumbang kehidupan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Dengan donor darah, kita akan bertambah sehat karena sel darah lama akan digantikan (regenerasi) dengan sel darah yang baru. Yang suka migren, kata ibu petugas bisa sembuh dengan donor darah.

Lihat, saya tetap tersenyum saat petugas mengambil darah saya. Saya ingin saudara saya pun turut tersenyum. 




Yuk, kunjungi kantor PMI terdekat di kota Anda!

4 komentar:

  1. ya bu, mau coba donor darah juga mbak, bermanfaat sekali memang donor darah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sehat selalu, ya. Supaya bisa jadi pendonor aktif.

      Hapus
  2. saya rutin Mak, nggak usah ke PMI karena kita yang didatangi oleh PMI. Lumayan banyak juga pendonor aktif jadi pasokan darah selalu stabil.

    BalasHapus