Senin, 19 April 2021

Pentingnya Target Market untuk Meningkatkan Penjualan


Mengetahui target market sangat penting. Untuk yang baru saja memulai bisnis, maupun yang ingin meningkatkan penjualan produknya.

Target pasar atau target market akan membantu kita untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli.
Sehingga produk yang kita pasarkan atau jual akan tepat sasaran.

Target market yang salah atau kurang tepat akan berpengaruh pada penjualan dan omset yang dihasilkan.
Untuk itu tentukan target market dari produk yang akan kita pasarkan sejak awal.

Saya ambil contoh, sejak awal saya memproduksi Sambal Pecel Mbak Vy dan kuliner Mbak Vy, target market saya adalah perempuan dan kaum ibu menengah ke atas.
Kenapa? Karena kuliner yang saya produksi kualitas premium, dan diracik dan diolah dari bahan-bahan pilihan. Tanpa bahan pengawet hingga rasanya fresh dan enak. 
Sengaja saya produksi hanya berdasarkan pesanan untuk menjaga kualitas dan rasa.


Target market atau jangkauan pasar pun sejak awal sudah saya tentukan. Saya pasarkan secara online. Dengan begitu saya dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Bukan hanya lokal, bahkan seluruh Nusantara hingga mancanegara. 

Dengan menentukan target market sejak awal, kita tidak akan takut kehilangan pelanggan. Dengan mengedepankan customer satisfaction (kepuasan pelanggan), pelanggan lama akan setia, dan dia pun akan merekomendasikan produk-produk kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar