Senin, 19 April 2021

Banyak Cara untuk Optimasi Sosial Media


Bnyak cara untuk optimasi sosial media.

Baik melalui Facebook (FB) WhatsApp (WA) Instagram (IG), maupun market place.
Optimasi ini bisa dilakukan dengan membayar iklan atau gratis.

Optimasi sosial media secara gratis ini biasa disebut optimasi secara organik. Biasanya kita harus mengikuti sebuah komunitas bisnis.
Untuk menaikkan add range atau performa sosial media kita.
Setiap sosial media mempunyai peraturan berbeda.

Misalnya untuk optimasi  Facebook, orang-orang akan mengikuti komunitas bisnis yang akan menerapkan OLOC (One Love One Comment). Untuk optimasi WhatsApp dengan reply status-status atau story WA data base yang dimiliki.
Untuk optimasi Instagram (IG) ada program
LFL (Love, Follow, dan Like).

Dulu tahun 2014 - 2017 untuk optimasi FB saya cukup menulis konten-konten dengan story telling.
Tulisan-tulisan saya yang soft selling cukup membuat saya banjir closing-an. Laris tanpa saja jualan.

Tapi peraturan di Facebook mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Kalau tidak ada interaksi, akan orang-orang itu saja yang akan melihat postingan kita di time line-nya.
Untuk itu bagi yang ingin mengoptimasikan Facebook-nya, memang harus ikut komunitas yang mendukung. Yang mengadakan program OLOC.

Saya sendiri sejak tahun 2016 lebih suka jualan di WhatsApp. Kenapa? Karena WA untuk saya lebih personal.
Sampai sekarang saya lebih sering closing dari WA ini. Teman-teman FB pun banyak yang tidak aktif di FB. Mereka beralih ke WhatsApp.

Untuk saya WhatsApp lebih nyaman.
FB untuk saya tempat silaturrahiim dan menulis.
Ada pun personal branding yang terbangun, semua karena proses panjang sebuah konsistensi.
Konsisten menulis dan berbagi  melalui tulisan-tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi.

Saya sendiri mendampingi optimasi WA selama 2 tahun. Sejak bulan Mei 2019 sampai April 2021.

Kunci optimasi sosial media apa pun adalah manajemen waktu yang baik. Apalagi kalau semua masih organik dan dilakukan sendiri.

Sampai sekarang saya masih memakai prinsip ini untuk optimasi sosial media apa pun:
Sharing, caring, and, closing.
Berbagi, peduli, dan banjir closing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar