Rabu, 14 Januari 2015

Sambal Goreng Udang ala Bunda Vy

Walaupun saya tidak pandai memasak, saya suka sekali memasak. Saya suka turun ke dapur sejak SD.

Saya harus memasak setiap hari. Setidaknya harus masak nasi. Saya memasak nasi tidak pakai alat moderen. Tetap ditanak seperti biasa. Atau dengan cara ditim, supaya tanak. Karena suami tidak suka ternyata nasi dari magic com.

Udang termasuk lauk hewani favorit saya dan Si Sulung Intan. Saya share resep sederhana udang favorit saya.

Bahan:
500 gram udang ukuran sedang.

Bersihkan kulit dan kepalanya. Cuci bersih. Lumuri sedikit perasan jeruk nipis.


Bumbu halus:
3 buah cabai merah (bisa ditambah kalau kurang pedas)
10 siung bawang merah
3 siung bawang putih
gula merah sesuai selera
garam halus (jangan ikut dihaluskan)
sedikit terasi matang



Bahan lain:
3 lembar daun salam dan 2 batang serai.
Sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus
1 papan petai, ambil buahnya
1 buah cabai merah. Iris serong



Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga harum bersama daun salam dan serai yang sudah dimemarkan.
2. Masukkan udang. Tambahkan sedikit air matang. Tambahkan cabai merah iris. Masak hingga matang. Jangan terlalu lama, agar udang tidak alot. Matikan api. Taburi garam halus. Aduk rata
3. Ambil udang setengah bagian. Setengah bagian lagi tambahkan petai.



Hemm... yummy. sambal goreng udang buatan Bunda Devy Nadya Aulina siap disajikan. Dimakan denan nasi hangat. Mak nyuuus...

Sambal Goreng Udang ala Bunda Vy

8 komentar:

  1. wuuih jadi lapar mata liat foto sambal udangnya mbak Devy :)

    BalasHapus
  2. huwaaa...nyam nyam....sambel goreng udang adalah kesukaanku Teh...apalagi ada petenya :D makasih ya resepnya...kapan2 dicoba...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, dicoba, Dik Nunung.
      Wah, selera kita sama, ya. Yang ada petenya. He he...

      Hapus
  3. Enak banget bunda.... aku ga pakai sereh dan terasi untuk sambel goreng... jadi penasaran dengan rasanya. Paduan legitnya udang, bau khas pete, terasi dan sereh..... Hmm.... asli penasaran. TFS mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba, Mbak Susi. Terasinya dikit aja. Jangan banyak-banyak. Nanti malah jadi sambal terasi dikasih udang.^_^

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hemm... enaaak bingit, Mbak Rina.
      Terima kasih, ya sudah mampir.

      Hapus