Minggu, 25 Desember 2016

MARKETING-SELLING-BRANDING

Pada suatu komunitas bisnis di grup WA, ada teman yang share foto ini. Meminta untuk dibahas karena kesulitan memahaminya.

Yang pertama menjadi catatan saya, kata-kata bahasa Inggris warna merah, kuning dan biru jangan saklek diartikan dalam bahasa Indonesia. Memang akan terkesan kaku. 

Kalau saya menerjemahkannya seperti ini:
 1. MARKETING atau pemasaran tujuannya adalah mengembangkan pasar (market). 
Tugasnya menciptakan permintaan (Demand). Membuat calon prospek (cold prospek) menjadi calon pembeli (warm prospek). 

2. Penjualan (Selling) tujuannya OMZET. Saya sendiri target bukan di omset, tapi profit. Membuat calon pembeli (warm prospek) menjadi konsumen setia (Hot Consumers) dengan teknik closing. Teknik closing ini ada pembahasan tersendiri, dan beragam caranya. 

3. Branding tujuannya Branding Loyalty. Maksudnya kita ingin dikenal sebagai apa. Baik Personal Branding maupun Product Branding. Ini yang akan melekat pada diri kita dan produk kita. 

Misal: Devy Nadya Aulina, personal brandingnya Mompreneur And Writerpreneur. Product Branding-nya "MBAK VY" untuk kuliner, dan "DEYALINA" untuk produk jasa dan craft. Tugasnya menciptakan pelanggan. Membuat calon pelanggan menjadi pelanggan setia.

Kuncinya: Kalau saya menciptakan komunikasi dengan cold dan warm prospek. Hingga mereka menjadi Loyalty Costumer. 

 *Note by: Devy Nadya Aulina*

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Ilmu baru, bermanfaat. Harapannya tadi dibahas agak panjang. Hehe biar saya dapat ilmu lebih lg

      Hapus
    2. Insya Allah, nanti saya sambung lagi. Semoga bermanfaat, ya.

      Terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Mantap mbak Devy, kayaknya saya mau save deh. Mau pinjam kata2nya. Pinjam :)
    Boleh ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Kalau pinjam harus dikembalikan, ya, Mbak Lidha. He he ...
    Tolong cantumkan sumbernya.

    Semoga bermanfaat, ya

    BalasHapus